Tips Performa

Manfaat Buah Cherry

Simak manfaat kesehatan lain dari buah cherry selengkapnya seperti yang dilansir dari Medical Daily...

Tips Mesin

Taman Bunga Terindah Di Dunia 2014

Hari ini, taman nasional tertua yang terletak di ibukota Amerika ini dikunjuni 1 juta orang setiap tahun nya. ...

Tips Kelistrikan

Gedung Tertinggi Di Asia Tenggara Tahun 2014

Bisa Dibayangkan Indonesia juga Bisa menciptakan Tower tertinggi didunia,...

Tips Kaki-kaki

10 Misteri Menyeramkan Di Dunia

Sebuah misteri yang diyakini masyarakat, tentang keberadaan hal- hal misterius yang sangat menyeramkan....

Otomotif Kitau

Jumat, 29 November 2013

Penyebab dan Cara Pengobatan Cacing Clonorchis sinensis

Informasikita- Hello soabat semua, kembali lagi saya memposting materi ilmu Kesehatan yang berkenaan dengan masalah cacing Clonorchis sinensis yang sangat berbahaya untuk kesehatan manusia dan hewan pada umumnya,, ok langsung saja ya.......
 
●    Nama Latin     : Opisthorchis sinensis (Clonorchis sinensis)
●    Phylum          : Platyhelminthes
●    Sub Phylum    : -
●    Kelas            : Trematoda
●    Ordo             : Digenea
●    Family           : Opisthorchidae
●    Genus           : Clonorchis
●    Species         : Opisthorchis sinensis (Clonorchis sinensis)
●    Nama Daerah  : Cacing pipih
 
 
A. Cara penyebaran
        Terdapat di orient, tetapi tidak terdapat di Western Hemisphere. Reservoir/sumber     Siput merupakan pejamu perantara yang pertama. Sekitar 40 spesies ikan sungai    berperan sebagai pejamu perantara sekunder. Manusia, anjing, kucing dan banyak     spesies mamalia pemakan-ikan yang lain merupakan pejamu akhir.

B. Reproduksi

        Organ reproduksi trematoda komplex dan daur hidup biasanya melibatkan beberapa     tuan rumah yang berbeda, yang berakibat dalam penambahan kekuatan dari reproduksi.     Reproduksi dari sebagian besar keturunan diperlukan dalam hewan parasit kerena     kesempatan suatu individual akan mencapai tuan rumah baru agak enteng. Sebagian     besar trematoda hermaphrodit. Telur dari satu cacing mungkin dibuahi oleh spermatozoa     dari cacing yang sama, dengan fertilisasi silang dapat terjadi. Larva yang ditetaskan dari     telur trematoda ectoparasitic adalah berupa cilia dan berenang kira-kira sampai mereka     melekatkan diri ke tuan rumah yang baru. Trematoda endoparasitic biasanya terlewati     melalui daur hidup terkomplikasi seperti pada cacing hati.

C. Klonorkiasis
        Opisthorchis sinensis (Clonorchis sinensis) adalah cacing hati pada manusia, dan juga     terdapat pada kucing dan anjing, sebagai tuan rumah yang berfungsi seperti gudang. Hal     ini dipilih seperti contoh tipe untuk trematoda karena struktur kurang spesial dari pada     Fasciola hepatica, cacing pipih pada hati sapi . O. sinensis dewasa hidup di pembuluh    empedu pada manusia dan menyebabkan infeksi yang dapat menyebabkan kematian.

        Klonorkiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing Clonorchis sinensis yang     juga dikenal dengan nama cacing hati oriental atau Cina merupakan Agens etiologi     Cacing/Helminthes (trematoda/cacing pipih): Karakteristik agens Clonorchis sinensis     adalah pada cacing dewasa hidup di saluran empedu, kadang-kadang juga ditemukan di     saluran pancreas. Ukuran cacing dewasa 10 - 25 mm x 3 - 5 mm, bentuknya pipih,     lonjong, menyerupai daun. Telur berukuran kira-kira 30 – 16 mikron, bentuknya seperti     bola lampu pijar dan berisi mirasidium, ditemukan dalam saluran empedu.. Warnanya     kuning kecokelatan yang mungkin disebabkan oleh warna empedu dan memiliki sebuah     organ pengisap oral dan sebuah pengisap ventral. Cacing ini bersifat hermafrodit. Telurnya     berukuran 20―30 μm x 15―17 μm; telur tersebut memiliki operkulum dan ukurannya     paling kecil di antara telur trematoda lain yang hidup dalam tubuh manusia.
        Gejala penderita cacing hati Clonorchis sinensi tidak nyata, kebanyakan terjadi secara     kronis, setelah terinfeksi baru perlahan lahan muncul gejala seperti hilang selera makan,     lemas, kurang enak di bagian atas perut, diare, kembung, pencernaan kurang baik, sakit di     bagian atas kanan perut dan hati membengkak. Bila jumlah parasit sangat banyak akan     menyumbat saluran empedu, radang empedu, atau penyakit kuning. Juga ada yang     terinfeksi lama sehingga berubah 3 menjadi batu empedu, bahkan hati mengeras     hepatis kanker.

D. Mata rantai infeksi
        Cara penularan dan Manusia terinfeksi karena memakan ikan air-tawar contoh     makanan yang mentah atau kurang matang yang mengandung terlibat dalam KLB larva     berbentuk kista (metaserkaria). Pada saat dicerna, larva cacing akan terbebas dari dalam     kista dan bermigrasi melalui duktus koledokus ke dalam percabangan empedu. Telur yang     terletak dalam saluran empedu diekskresikan ke dalam tinja. Telur dalam tinja     mengandung mirasidium yang sudah berkembang lengkap. Kalau telur ini dimakan oleh     siput yang rentan, telur akan menetas dalam usus siput, menembus jaringan tubuhnya dan     secara aseksual menghasilkan larva (serkaria) yang bermigrasi ke dalam air. Jika     mengenai pejamu perantara yang kedua, serkaria akan menembus tubuh pejamu dan     membentuk kista, biasanya dalam otot dan terkadang di bawah sisik. Siklus hidup cacing     klonorkis yang lengkap mulai dari siput, ikan sampai manusia memerlukan waktu     sedikitnya 3 bulan.
        Ikan yang mengandung metaserkaria akan termakan oleh manusia jika ikan tersebut     tidak dimasak dengan matang. Metaserkaria dalam bentuk kista masuk ke dalam sistem     pencernaan, kemudian berpindah ke hati melalui saluran empedu dan tumbuh menjadi     cacing dewasa.
        Masa inkubasi Tidak bisa diperkirakan; masa inkubasi bervariasi menurut jumlah     cacing yang ada. Gejala dimulai dengan masuknya cacing yang imatur ke dalam sistem     empedu dalam waktu satu bulan sesudah larva yang berbentuk kista (metaserkaria)     termakan oleh pasien. Gejala Gejala gangguan rasa nyaman pada abdomen kuadran     kanan atas dengan awitan yang bertahap, anoreksia, gangguan pencernaan, nyeri atau     distensi abdomen dan buang air besar yang tidak teratur.
        Pasien yang menderita infeksi berat akan mengalami perasaan lemah, penurunan     berat badan, gangguan rasa nyaman di daerah epigastrium, perasaan penuh dalam     abdomen, diare, anemia dan edema. Dalam stadium lanjut akan terjadi ikterus, hipertensi     porta, ascites dan perdarahan gastrointestinal atas.
        Gejala sisa Hati (terutama lobus kiri) akan membesar. Limpa dapat teraba hanya pada     sebagian kecil kasus klonorkiasis. Kolangitis piogenik yang rekuren merupakan komplikasi     serius klonorkiasis. Pankreas dapat turut terkena pada kasus infeksi C. sinensis yang     berat. Patologi klonorkiasis pankreas serupa dengan patologi pada lesi hepar, yaitu     terjadinya hiperplasia adenomatosa epitelium duktus. Kalau terjadi pankreatitis akut,     gambaran inflamasi akan terlihat. Kolangiokarsinoma juga berkaitan dengan klonorkiasis.     Infeksi berat yang berulang-ulang selama usia kanak-kanak pernah dilaporkan    menyebabkan dwarfisme disertai retardasi perkembangan seksual.

E. Pengobatan
  • Cara Diagnosis : Melalui mikroskop memeriksa sample tinja apakah ada telur cacing parasit, okista protozoa dan takizoit.
     Klonoisiasis oleh Clonorchis sinensis dewasa, diketemukan dalam tinja penderita, dapat I    nfasi dalam saluran empedu, sehingga penderita menerita sakit dihatinya disertai ikterus.     Bentuk dewasa dan telurnya dapat di ketemukan dalam tinja.

    Catatan : Cara pengobatan pelbagai penyakit parasit usus berbeda, harus
    memakai obat cacing menurut resep dokter.
F. Pencegahan Penyakit Klonorkiasis
        Pencegahan penularan cacing chlonorsis sinensis pada manusia dapat dilakukan     dengan cara memutus rantai hidup cacing ini, meliputi :

1.    Tindakan pengendalian Industri: pembuangan ekskreta dan air limbah/khusus kotor yang aman untuk mencegah kontaminasi pada air sungai; pengolahan air limbah untuk keperluan akuakultur; iradiasi ikan air tawar; pembekuan dingin; perlakuan panas, misalnya pengalengan.
2.    Tempat pengelolaan makanan/rumah tangga: memasak ikan air tawar sampai benar-benar matang. Konsumen harus menghindari konsumsi ikan air tawar yang mentah atau kurang matang.
Lain-lain: pengendalian siput dengan moluskisida jika memungkinkan; pengobatan pada masyarakat yang terinfeksi untuk mengurangi reservoir infeksi; pemberantasan anjing dan kucing liar.

G. Peran Keluarga dalam Usaha Pencegahan Penyakit Klonorsiasis
        Keluarga adaah sebagai sumber utama pola perilaku sehat. Peran keluarga dalam     berbagai perilaku yang berhubungan dengan kesehatan, seperti aktivitas fisik, pola-pola     nutrisi, dan penggunaan substansi, dimana masing-masing perilaku tersebut memiliki     hubungan yang kuat dengan perkembangan dan pemeliharaan penyakit. Perilaku sehat     diperoleh dengan membentuk suatu sistem sosial dimana masing-masing anggota     keluarga membentuk suatu ikatan bersama, mencapai suatu tujuan (keadaan tubuh yang     sehat), dan mengelola keseimbangan (mempertahankan kondisi yang sehat).

        Peran keluarga adalah sebagai motivator, educator dan fasilitator. Berbagai usaha     harus dilakukan oleh keluarga untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit     klonorkiasis. Hal ini juga menunjukkan bahwa keluarga harus aktif dalam usaha     mengetahui lebih banyak dan sebisa mungkin menghindari faktor-faktor yang dapat     menyebabkan penyakit klonorkiasis ini. Misalnya saja seorang ibu yang kebanyakan diberi     tanggung jawab untuk memasak, jangan sampai memasak ikan dengan tidak sempurna     atau tidak matang.

        Terkait dengan peran keluarga ini, orang tua dapat membantu membangkitkan     kesadaran anaknya melalui pemberian penjelasan kepada anaknya mengenai berbagai     hal yang tepat mengenai penyakit ini bila orang tua mengetahui. Usaha untuk memberikan     pengetahuan ini juga dapat memancing orang tua untuk mencari tahu lebih banyak lagi     agar mereka dapat memberikan informasi yang memadai dan tepat kepada anak.     Misalnya memantau dan membimbing anak atau anggota keluarga lain agar ketika     membeli makanan di luar, misalnya ikan, haruslah berhati-hati pastikan ikan benar-benar     telah dimasak sempurna atau matang. Jadi peran keluarga dalam menghindari penyakit ini     merupakan suatu bagian yang cukup penting.

H. Pencegahan 
1.    Tidak makan makanan mentah (sayuran,daging babi, daging sapi dan daging ikan), buah dan melon dikonsumsi setelah dicuci bersih dengan air.
Minum air yang sudah dimasak mendidih baru aman.
Menjaga kebersihan diri, sering gunting kuku, membiasakan cuci tangan menjelang makan atau sesudah buang air besar.
      Tidak boleh buang air kecil/besar di sembarang tempat, tidak menjadikan tinja segar sebagai pupuk; tinja harus dikelola dengan tangki septik, agar tidak mencemari sumber air.
Di Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar harus secara rutin diadakan pemeriksaan parasit, sedini mungkin menemukan anak yang terinfeksi parasit dan mengobatinya dengan obat cacing.
Bila muncul serupa gejala infeksi parasit usus, segera periksa dan berobat ke rumah sakit .

2.    Meski kebanyakan penderita parasit usus ringan tidak ada gejala sama sekali, tetapi mereka tetap bisa menularkannya kepada orang lain, dan telur cacing akan secara sporadik keluar dari tubuh bersama tinja, hanya diperiksa sekali mungkin tidak ketahuan, maka sebaiknya secara teratur memeriksa dan mengobatinya.

Demikianlah Artikel Penyebab dan Cara Pengobatan Cacing Clonorchis sinensis, betapa berbahayanya penyebaran cacing ini terhadap pertumbuah tulang kita. baca juaga artikel Cara Menguji Protein Didalam Urine.

0 komentar to “Penyebab dan Cara Pengobatan Cacing Clonorchis sinensis”

Posting Komentar

oopz...!!!
"jangan lupa komenter_nya yach...""

 
Twitter Facebook Feedburner Google +1 youtube flickr
© Copyright 2012 Informasi Teknologi, Sejarah, Alam Wisata, Kesehatan Template Modify by INFORMASI KITA | Powered by Blogger.com.